Apakah ENGINE DYNAMOMETER Itu?

Dynamometerindonesia.com - Engine Dynamometer adalah alat uji yang biasa digunakan untuk mengukur kekuatan dari suatu mesin atau kecepatan rotasi mesin (RPM) dan juga untuk pengujian kelayakan dari mesin tersebut atau yang biasa disebut dyno test. Untuk menghasilkan Horse Power atau yang lebih dikenal dengan istilah “dk”.  Selain hanya digunakan untuk pengukuran rotasi mesin dan kekuatan mesin sederhana, engine dynamometer juga dapat digunakan untuk pengembangan mesin seperti kalibrasi pengendali mesin, penyelidikan terperinci mengenai perilaku dan tribology pembakaran mesin itu sendiri.

 

 

Setelah mengetahui pengertian engine dynamometer, selanjutnya saya akan memberitahu cara kerja dari engine dynamometer saat melakukan pengujian terhadap sebuah mesin.

Dalam sebuah sistem engine dynamometer, aliran air sebanding dengan beban yang diinginkan dan menciptakan ketahanan terhadap mesin. Aliran air yang terkontrol akan melalui pencampuran bahan bakar dan udara dari karburator kemudian membagi campuran itu ke setiap silinder dengan merata. Lalu dialirkan ke badan dynamometer luar dengan gaya sentrifugal (menjauhi pusat putaran). Setelah mengarah ke luar, air dipercepat menuju ke dalam stator dengan jumlah tetap untuk dikeluarkan. Akselerasi dan Deselerasi tenaga yang dihasilkan oleh mesin tersebut.

Engine dynamometer

mempunyai peranan penting dalam dunia otomotif berikut adalah fungsi dari engine dynamometer.

Secara umum atau untuk masyarakat umum, khususnya penyuka modifikasi pada mesin, hasil dari test mesin menggunakan engine dynamometer dapat memperlihatkan perubahan performa pada mesin anda. Artinya, kita akan mengetahui secara pasti apakah yang telah dilakukan memang sesuai dengan kemauan kita dan tidak menghamburkan banyak biaya.

Bagi para tuner dan pembalap, sudah pasti hasil test dari engine dynamometer menjadi acuan untuk mengantisipasi performa kendaraan. Engine dynamometer dapat mendukung proses tuning mesin. Naik atau turunnya grafik kekuatan mesin, Torsi dan perbandingan udara dan bahan bakar (AFR). Dan juga bisa digunakan untuk mengatur waktu pengapian dan bahan bakar pada komponen mesin maupun computer mesin (ECU). Dengan pengaturan yang detail dan baik, performa mesin anda akan menjadi sangat optimal dan efisien, sekaligus aman.

Dan untuk produsen industri otomotif, hasil tes dari engine dynamometer untuk menguji produknya. Apakah ada peningkatan performa setelah produknya itu diaplikasikanpada kendaraan yang di tes. Dengan demikian produknya dapat dipertanggung jawabkan atas kekuatan dan kecepatan rotasi pada mesin tersebut.

Dari artikel diatas tentunya kalian sudah tahu “Apakah engine dynamometer itu?”  Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda. Dynamometerindonesia.com menyediakan engine dynamometer dengan berbagai tipe dan tentunya dapat membantu anda mengetahui seberapa besar kekuatan mesin anda dan mengoptimalkan mesin tersebut. Jika ada hal yang ingin ditanyakan tentang artikel maupun produk yang kami jual bisa langsung menghubungi ke sales@testindo.com .

sumber gambar : meritoneast.com



Produk Terkait dengan artikel Apakah ENGINE DYNAMOMETER Itu?

EDDY CURRENT ENGINE DYNAMOMETERS
EDDY CURRENT ENGINE DYNAMOMETERS
SF-901 WINDYN DATA ACQUISITION SYSTEM
SF-901 WINDYN DATA ACQUISITION SYSTEM
DTS POWERMARK DATA ACQUISITION UPGRADE
DTS POWERMARK DATA ACQUISITION UPGRADE
DATA ACQUISITION FOR ENGINE DYNAMOMETERS
DATA ACQUISITION FOR ENGINE DYNAMOMETERS