Berbagai Jenis Test Dan Pengaplikasian Chassis Dynamometer

Chassis dynamometer merupakan suatu perangkat untuk melakukan pengujian dan pengukuran yang dikembangkan untuk mensimulasikan jalan di lingkungan yang terkendali, terutama di dalam gedung. Karena di setiap jalan menggunakan roller untuk menjalankan kendaraannya. Kendaraan di pasang di dalam alat chassis dynamometer dengan menggunakan perangkat pengekangan dan menggunakan roller pada setiap as rodanya untuk menguji kekuatan rodanya.

Ada beberapa jenis chassis dynamometer sesuai dengan aplikasi target yaitu :

  1. Pengukuran Emisi Kendaraan

ukur emisi kendaraan

sumber : radarhijau.com

Pengukuran emisi diesel dilakukan pada dynamometer mesin atau kendaraan, melebihi siklus uji emisi standar. Siklus uji emisi adalah urutan berulang dari kondisi operasi mesin, yang dirancang untuk mensimulasikan operasi kehidupan nyata di laboratorium. Dalam sistem sampling, gas buang paling sering diencerkan dengan udara dengan menggunakan metode CVS.

Emisi dapat dicirikan, diatur, atau dikendalikan serta dapat diukur secara akurat. Meningkatnya kekhawatiran kesehatan dan lingkungan tentang emisi diesel menghasilkan pengembangan berbagai teknik pengukuran dari berbagai tingkat kecanggihan, biaya peralatan dan akurasi, agar sesuai dengan beragam aplikasi. Banyak teknik, terutama yang digunakan untuk tujuan peraturan, sangat standar untuk menghasilkan hasil yang sebanding bahkan jika dilakukan di laboratorium pengujian yang berbeda. Jenis utama pengukuran emisi diesel dapat dikelompokkan sebagai berikut:

Pengujian laboratorium:

  • Pengujian regulasi
  • Penelitian emisi
  • Pengembangan sistem kontrol mesin dan emisi

Pengujian lapangan:

  • Laboratorium emisi mobil
  • Pengukuran di dalam kendaraan
  • Program Inspeksi dan Perawatan (I & M)
  • Pengukuran emisi jarak jauh
  • Pemeliharaan peralatan dengan bantuan emisi
  • Pengukuran kesehatan kerja
  1. Akumulasi Milechassis Dynamometer (MACD)

chassis dyno

Kereta lab MACD adalah bagian dari Powertrain Lab. Chassis dynamometer didesain untuk transient persyaratan pengujian Dyno digunakan untuk pengujian emisi dan jarak tempuh. Mereka dilengkapi dengan rol dan motor,  yang merupakan posisi di antara rol.

Sistem ini digunakan dalam mengikuti tes.

  • Kinerja dan daya tahan uji akumulasi mileage.
  • Tes fungsional dan seumur hidup tes pada kendaraan dan komponen (sistem bahan bakar, sistem pendingin, pemanas / udara sistem pengkondisian dll)
  • Uji emisi gas buang.
  • Uji lingkungan (uji suhu rendah / tinggi di ruang iklim).
  • Tes konsumsi bahan bakar, injeksi fine tuning.
  • Knalpot dan penyetelan katalis.
  • Tes NVH
  1. Noise-Vibration-Harshness (NVH atau "Akustik")

Noise-Vibration-Harshness (NVH atau "Akustik")

sumber : porscheengineering.com

Tujuan utama pengujian NVH adalah reduksi, perancangan dan penjaminan kualitas suara kendaraan interior dan eksterior.

Perawatan akustik seperti bantalan hidrolik, selungkup motor, dan lain-lain mengurangi emisi akustik chassis dyanamometer. Permukaan roller yang mudah ditukar memungkinkan simulasi tekstur jalan yang sebenarnya. Simulasi beban jalan yang tepat memungkinkan pengembangan yang sangat efisien dan pemecahan masalah pada chassis dynamometer.

Manfaat

  • Karakteristik noise yang sangat rendah (bantalan hidrolik, insulasi akustik, dll.)
  • Simulasi tekstur jalan yang sebenarnya dengan permukaan roller yang dapat ditukar.
  • Terbukti mencatat banyak instalasi di seluruh dunia.
  • Hubungan kerja yang sangat baik dengan semua pemasok utama.
  • Kemampuan pelayanan lokal dengan waktu respon yang singkat.
  1. Kompatibilitas Elektromagnetik (EMC)

Pengujian kompatibilitas elektromagnetik untuk kendaraan diperlukan untuk pengujian sertifikasi, persetujuan dan pengujian perangkat elektronik yang digunakan dalam berbagai jenis kendaraan serta mengukur tingkat emisi yang dipancarkan. Ruang EMC secara efektif merupakan "sangkar Faraday", dengan tingkat kekuatan lapangan dan frekuensi tinggi. Intinya, ini seperti oven microware, dengan chassis dynamometer assembly yang berada di dalam "sangkar Faraday".

Ini menghadirkan beberapa tantangan teknis yang unik karena dinamometer chassis menggunakan sistem penggerak listrik regeneratif, yang merupakan sumber emisi listrik.

Untuk meminimalkan gangguan, kabel listrik dan kontrol chassis dynamometer semua melewati filter RFI kapasitansi rendah yang dipasang di batas ruang EMC. Di dalam ruang, motor dinamometer chassis menggunakan EMC "attenuvents" pada semua aperture udara dan perisai komponen yang luas.

Insinyur ABB telah mengembangkan sebuah dynamometer chassis AWD yang dipasangi meja putar untuk menguji motor, mobil penumpang dan kendaraan komersial ringan. Dinamo poros ketiga juga bisa dipasok untuk menguji kendaraan komersial dengan tugas berat.

Kontrol ABB dan sistem otomotif menyediakan mode kontrol khusus untuk simulasi ABS dan TCS. Siklus yang dapat diprogram dapat dikonfigurasi oleh klien untuk menggunakan kendaraan ABS atau TCS dan melihat kinerjanya dalam kondisi kekuatan medan tinggi. Untuk mensimulasikan acara ABS atau TCS, velg kendaraan individu dapat dijalankan dengan kecepatan atau laju pelambatan ± 2g.

  1. Tes Akhir Baris (EOL)

Sistem EOL ini melakukan serangkaian tes fungsionalitas EOL pada kendaraan 4x2, 4x4, 6x4, dan 6x6 (upgradeable to 8x8) termasuk tes kinerja, tes mengemudi, pengujian knalpot, pengujian retarder, uji fungsional dan visual, tes ECU dan Evaluasi DTC melalui bagian dinamometer tester multi fungsi. Bagian rem dari tester multi fungsi berfungsi uji sistem pengereman fungsional interaktif yang lengkap termasuk sistem pengereman ABS. Seri kendaraan yang komprehensif Uji fungsional didesain agar dilakukan dengan kendaraan yang tersisa dalam satu posisi pada drive through, multi fungsi penguji.

Dynamometer Indonesia adalah perusahaan penyedia alat dynamometer di Indonesia. Salah satunya adalah menjual alat chassis dynamometer dengan kualitas uji yang akurat dan harga yang kompetitif. Jika ingin tahu info lebih lanjut anda bisa langsung menghubungi kami melalui chatting interaktif atau melalui nomor telepon serta email yang tertera pada website




Produk Terkait dengan artikel Berbagai Jenis Test Dan Pengaplikasian Chassis Dynamometer

SF-832 AWD CHASSIS DYNO
SF-832 AWD CHASSIS DYNO
SF-849 CHASSIS DYNO
SF-849 CHASSIS DYNO
SF-832 CHASSIS DYNO
SF-832 CHASSIS DYNO
SF-610 HEAVY DUTY CHASSIS DYNO
SF-610 HEAVY DUTY CHASSIS DYNO