Cek kelayakan Mesin Genset Dengan Engine Dynamometer

Apa itu mesin genset ?

Mesin generator atau yang biasa disebut dengan genset adalah sebuah perangkat yang berfungsi untuk menghasilkan daya listrik. Perangkat ini disebut sebagai generator set dikarnakan satu set peralatan yang digabungkan dari dua perangkat yang berbeda yaitu mesin dan generator (alternator). kegunaan mesin (engine) sebagai pemutar sedangkan generator untuk pembangkit listrik.

mesin genset

Sumber : bekas.com

Engine bisa berupa perangkat yang berbahan bakar solar,berbahan bakar bensin, gas, maupun turbin sedangkan generator (alternator) merupakan kumparan atau gulungan tembaga yang terdiri dari stator (kumparan statis) dan rotor (kumparan berputar).

Pada umumnya , sebuah mesin digunakan untuk memutar sebuah generator pembangkit yang terbuat dari sekumpulan kawat tembaga. Hasil putaran tersebut menghasilkan medan magnet yang apabila diputar terus menerus dalam suatu kecepatan yang konstan dan berkelanjutan akan menghasilkan arus listrik.

Hal ini dapat dijelaskan sesuai hukum Lorentz. Bahwa, mesin memutar rotor pada generator sehingga menimbulkan medan magnet pada kumparan stator generator. medan magnet yang timbul pada stator dan berinteraksi dengan rotor yang berputar akan menghasilkan arus listrik.

Dengan adanya perkembangan yang sangat pesat, ketersedian listrik semakin berkurang sebab pemerintah cukup gencar mencanangkan penghematan listrik dan juga dilakukan penggiliran pemadaman listrik di beberapa daerah dalam rangka menghemat listrik. Disaat pemadaman listrik, Penggunaan mesin generator atau genset menjadi salah satu perangkat yang sangat dicari sebagai solusi dari pemadaman listrik di tanah air.

Nah untuk indutri yang memproduksi genset atau generator sebaiknya mengecek kelayakan mesin dan mengukur suatu kecepatan mesin generator agar tidak terjadi masalah saat sudah dibeli oleh pembeli. Oleh karna itu,  untuk mengecek kelayakan mesin tersebut bisa menggunakan alat dari engine dynamometer. Alat ini merupakan suatu alat uji yang digunakan untuk mengukur suatu kecepatan rotasi mesin (RPM) atau kekuatan dari suatu mesin untuk diuji kelayakan dari mesin tersebut.

Cara kerja Engine Dynamometer

Sesudah proses produksi, pastinya mau hasil produksi tersebut semaksimal mungkin agar pembeli terasa puas dengan hasil tersebut, seperti misal genset, motor dan mobil dan lain lain, oleh karna ini dibutuhkannya uji performa pada mesin tersebut menggunakan engine dynamometer.

engine dynamometer

Salah satu yang diuji ketika pengujian performa mesin adalah kekuatan yang didapatkan oleh mesin dengan memakai alat engine dynamometer.

Dengan pengujian yang dilaksanakan engine dynamometer, bakal terlihat komparasi air/fuel (A/F) ratio pada masing-masing RPM dan beban (Load) pada mesin. Sehingga bisa mengatur sampai sesuai pada situasi yang dibutuhkan. Oleh sebab itu, titik optimal pada mesin guna menghasilkan nilai torsi dapat ditata sesuai keperluan kita.

Dynamometer Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan dynamometer di  Indonesia, termasuk dengan engine dynamometer yang berkualitas baik. Jika anda ingin memesan atau bertanya bisa langsung hubungi kami melalui media sosial, email atau nomor telepon yang telah kami cantumkan diwebsite kami.




Produk Terkait dengan artikel Cek kelayakan Mesin Genset Dengan Engine Dynamometer

EDDY CURRENT ENGINE DYNAMOMETERS
EDDY CURRENT ENGINE DYNAMOMETERS
SF-901 WINDYN DATA ACQUISITION SYSTEM
SF-901 WINDYN DATA ACQUISITION SYSTEM
DTS POWERMARK DATA ACQUISITION UPGRADE
DTS POWERMARK DATA ACQUISITION UPGRADE
DATA ACQUISITION FOR ENGINE DYNAMOMETERS
DATA ACQUISITION FOR ENGINE DYNAMOMETERS