Dyno Test, Alat Jitu Untuk Menguji Performa Kendaraan

Seiring berkembangnya teknologi, motor dan mobil dengan merek baru pun ikut bermunculan dengan menawarkan penampilan yang menarik dan juga kemampuan mesin yang semakin canggih serta cepat. Tetapi, ada beberapa kasus pada kendaraan motor maupun mobil yang mengalami turun performa setelah melakukan tes sendiri menggunakan dyno test.

 

Lebih parahnya, jika kendaraan anda telah dimodifikasi dan berharap kekuatan mesin anda akan bertambah sesuai yang tertera pada aksesoris ataupun performance parts/kits yang anda pasang pada kendaraan anda dan tentunya dengan harga yang tidak murah. Namun, setelah di uji menggunakan dyno test kenaikan horsepower ataupun torsi dari kendaraan anda tak memenuhi harapan. Tentu, kalian pasti sangat dirugikan dalam hal ini.

Solusi untuk menangani permasalahan diatas adalah dengan melakukan pengujian kendaraan anda menggunakan dyno test. Dyno test adalah suatu pengujian yang dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui performa maksimal engine pada semua kendaraan. Dyno test itu sendiri terbagi menjadi 2 macam yaitu :

Pada engine dynamometer output mesin langsung dipasang ke alat dyno, dan pengujiannya sebelum mesin dipasang pada body kendaraan.

Chassis dynamometer adalah pengujian yang dilakukan setelah mesin sudah dipasangkan ke body kendaraan.

Dyno Test

Biasanya yang memakai dyno test ini adalah para produsen kendaraan atau bengkel-bengkel besar yang menyediakan layanan modifikasi kendaraan. Selain itu, dyno test juga perlu untuk para pembalap/tuner maupun masyarakat umum sekalipun.

Untuk para produsen otomotif, sudah jelas mereka sangat membutuhkan dyno test agar mereka bisa mempertanggung jawabkan produk-produk mereka.

Untuk para pembalap atau tuner, mereka juga perlu dyno test untuk menjadi acuan performa mesin kendaraan mereka agar lebih efisien dan optimal saat balapan.

Untuk masyarakat umum khususnya pencinta modifikasi kendaraan, mereka tentunya melakukan modifikasi untuk meningkatkan performa kendaraan dan perlu melakukan pengujian untuk memastikan hal tersebut. Sehingga, mereka tidak dirugikan ataupun merasa dibohongi dengan produk yang mereka beli tersebut.

Nah, untuk melakukan pengujian ada beberapa hal yang harus anda perhatikan sebagai berikut:

  1. Pastikan kondisi mesin kendaraan anda dalam keadaan baik dan prima.
  2. Cek bagian-bagian kendaraan anda seperti tekanan ban, air radiator, dan sebagainya harus dalam keadaan yang normal.
  3. Perhatikan juga kondisi cuaca dan suhu ruangan pada saat pengujian dyno test ini dilakukan. Karena kondisi cuaca dan suhu bisa mempengaruhi hasil dari pengujian tersebut.
  4. Bawa atau lampirkan juga data awal pengetesan dari pabrik untuk menjadi acuan pada saat pengujian.

Banyak sekali manfaat yang anda dapatkan dari dyno test ini, selain mendapatkan nilai powerhorse dan torsi dari kendaraan anda, anda juga tahu apa yang perlu dimodifikasi agar peningkatan mesin kendaraan lebih optimal dan efisien. Untuk run power test pada dyno test ini berlangsung selama 1 jam untuk menemukan peak terbaik, jadi tidak bisa hanya 2-5 kali run saja.

menjual berbagai alat untuk dyno test mulai dari engine dyno, chassis dyno, dan sebagainya. Jika anda berminat atau ada hal yang ingin ditanyakan bisa langsung menghubungi kami di sales@testindo.com.




Produk Terkait dengan artikel Dyno Test, Alat Jitu Untuk Menguji Performa Kendaraan

SF-832 AWD CHASSIS DYNO
SF-832 AWD CHASSIS DYNO
SF-849 CHASSIS DYNO
SF-849 CHASSIS DYNO
SF-832 CHASSIS DYNO
SF-832 CHASSIS DYNO
SF-610 HEAVY DUTY CHASSIS DYNO
SF-610 HEAVY DUTY CHASSIS DYNO