Kenali Kerusakan Dan Masalah Mesin Melalui Suara

Mesin adalah benda yang dapat bergerak berfungsi untuk membantu pekerjaan manusia, mulai dari mesin pemotong rumput, mesin motor, mesin mobil, dan mesin yang terdapat di dalam industri. Mesin yang digunakan secara terus-menerus pasti akan mengalami kendala hingga kerusakan baik secara perlahan ataupun secara langsung.

mesin

sumber : viva.co.id

Kenali Kerusakan Pada Mesin

Di dalam bagian mesin terdapat bagian untuk menyimpan oli pelumas sebagai pelumas agar gesekan mesin bisa diredam dengan bantuan dari oli tersebut, jika perawatan mesin tidak dilakukan secara berkala maka akan mengalami kerusakan didalam mesin baik itu terlihat ataupun kerusakan yang tak terlihat.

Sebagai contoh mesin yang terdapat pada industri, pasti banyak mesin dari berbagai ukuran dan mempunyai fungsi masing-masing. Terkadang perawatan yang dilakukan sering kali tidak sesuai jadwal dan harapan, karena mesin dianggap masih dalam keadaan yang baik tanpa adanya kendala yang terlihat jelas.

Para pengguna mesin terkadang acuh dalam melakukan perawatan rutin karena harus di kejar dengan target produksi untuk menjaga eksistensi industri tersebut, mesin yang dipaksa untuk terus bekerja tanpa disadari akan mengalami bunyi-bunyi bising atau bunyi yang abnormal sebagai tanda bahwa komponen mesin sedang mengalami masalah.

Jika masalah tersebut sudah menjadi kerusakan yang besar, maka mesin akan mati dan berdampak kepada biaya operasional yang bertambah dan produksi yang menurun, maka dari itu sangat penting untuk melakukan pemeriksaan rutin untuk menjaga mesin berjalan dengan oprimal.

Periksalah mesin secara berkala, baik dari komponen mesin maupun pada fisik dan komponen bagian dalam dari mesin tersebut, ganti setiap komponen dengan kualitas yang bagus jika sudah mengalami kerusakan atau kehausan karena terjadi gesekan. Simpan dan catat setiap kali melakukan pergantian ataupun perawatan.

Dengan dilakukannya perawatan, maka performa mesin akan tetap terjaga dan tidak ada biaya pengeluaran yang berlebih.

Berikut suara-suara kerusakan pada mesin yang biasa terjadi :

  1. Suara dengung pada mesin

Periksa setiap komponen pada mesin, mungkin pemasangan ada yang tidak sesuai.

  1. Suara abnormal pada mesin

Kurangnya pelumasan pada mesin, sehingga gesekan pada mesin akan berbunyi mencicit

  1. Suara kasar seperti dua logam berbenturan keras

Komponen sudah mengalami kehausan karena gesekan yang terjadi sehingga komponen mesin akan mengalami kerusakan.

Selain itu, kita dapat memeriksa keadaan dan performa mesin kita dengan alat engine dynamometer. Fungsi engine dynamometer adalah untuk menguji daya tahan, performa, dan proses pembakaran mesin pada komponen internal mesin tersebut. Dengan menggunakan ini, mesin yang anda ingin uji dapat dilihat langsung statistic performanya menggunakan pc yang tersambung langsung dengan alat engine dynamometer pada saat proses pengujian.

Dynamometer Indonesia adalah perusahaan terpercaya penyedia dynamometer di Indonesia. Salah satunya adalah menjual alat engine dynamometer yang dapat menguji performa mesin anda dengan sangat akurat dan cepat. Jika ingin tahu info lebih lanjut bisa langsung menghubungi kami melalui website ini atau melalui email dan nomor telepon.




Produk Terkait dengan artikel Kenali Kerusakan Dan Masalah Mesin Melalui Suara

EDDY CURRENT ENGINE DYNAMOMETERS
EDDY CURRENT ENGINE DYNAMOMETERS
SF-901 WINDYN DATA ACQUISITION SYSTEM
SF-901 WINDYN DATA ACQUISITION SYSTEM
DTS POWERMARK DATA ACQUISITION UPGRADE
DTS POWERMARK DATA ACQUISITION UPGRADE
DATA ACQUISITION FOR ENGINE DYNAMOMETERS
DATA ACQUISITION FOR ENGINE DYNAMOMETERS