Membuktikan Konsep Porting Menggunakan Flowbench

Flowbench merupakan perangkat yang sederhana guna mengukur serta menghitung jumlah aliran udara melalui clylinder head runners dan intake manifolds. Pada pertama kali tahun 1970-an, tujuan menggunakan alat ini agar bisa memenangkan balapan formula V yang merupakan sebuah hobi dari pendiri SuperFlow.

flowbench

Flow Bench SF-750

Namun, saat ini SuperFlow telah memproduksi  serangkaian air flow test benches (flowbenches) yang digunakan untuk hal-hal seperti meningkatkan kinerja mesin dan mengatur bahan bakar agar lebih ekonomis, mengembangkan catalytic converters dan menstabilkan laju mesin pada akhir produksi serta berbagai aplikasi uji mesin lainnya di berbagai industri.

Tapi tahukah anda bahwa flowbench ini bisa juga digunakan untuk membuktikan atau mengecek kebenaran dari porting polish ?

Mungkin kata porting polish ini sudah tidak asing lagi khusunya untuk para pecinta otomotif yang suka memodifikasi kendaraannya. Porting polish atau biasa disebut dengan korek mesin ini adalah cara agar motor menjadi lebih terawat dan juga prima. Sebenarnya tujuan dari porting ini untuk memasuk mixture udara dan bensin lebih banyak masuk kedalam ruang bakar dengan cara melancarkan aliran tersebut.

Jadi jika aliran mixture yang masuk semakin besar maka pengabutan pun akan semakin cepat dan semakin besar juga tenaga yang akan dikeluarkan. Ini merupakan konsep dasar porting yang dihitung oleh banyak orang diluar sana bahwa setiap 1 CFM (cubic feet minute) akan menghasilkan 1/2hp. Konsep dasar porting ini tidak akan selamanya benar 100%, padahal sudah banyak orang yang berpikir bawah membesarkan portingan pada port intake akan menambah tenaga.

Secara teori membesarkan portingan akan memperbanyak atau menambah mixture yang mengalir. Namun kita juga harus mengetahui bahwa dengan kita membesarkan lubang, kecepatan udara yang masuk akan lebih lambat dan akan mempengaruhi pemasukan mixture di rpm rendah. oleh karena itu, setiap nilai CFM (cubic feet minute) yang lewat tidak boleh mengurangi atau menghilangkan kecepatannya.

Nah oleh sebab itu saya menyarankan anda agar menggunakan mesin flowbench untuk membuktikan dan mengecek konsep porting secara mudah dan akurat. untuk membuktikannya bisa dicek dengan menggunakan tools velocity probe, tools ini terdapat di mesin flowbench.

Alat ini sebenarnya sudah tidak asing lagi ditelinga para pecinta otomotif khususnya orang yang menyukai kendaraan modifikasi dan industri otomotif. Flow bench adalah perangkat yang berguna untuk mengukur aliran udara, yaitu berapa banyak udara yang akan mengalir melewati tabung. Setelah itu mengukur kecepatan udaran yang akan mengalir melalui perangkat ini dalam segmen masa-masa yang telah ditentukan.

Cara kerjanya yaitu dengan memasangkan disilinder head ke alat flowbench lalu udara akan dialirkan melewati lubang intake dan exhaust lalu diukur seberapa cepat udara yang mengalir dalam hitungan menit.

Dynamometer Indonesia adalah perusahaan penyedia dynamometer di Indonesia. Salah satunya adalah menjual flowbench yang membantu anda untuk memporting kendaraan dengan mudah tanpa membuang biaya tambahan lagi. Jika ingin tahu info lebih lengkapnya bisa langsung menghubungi kami melalui chatting interaktif atau melalui email dan nomor telepon yang tertera pada website.




Produk Terkait dengan artikel Membuktikan Konsep Porting Menggunakan Flowbench

SF-1020 PROBENCH
SF-1020 PROBENCH
SF-260 FLOWBENCH
SF-260 FLOWBENCH
SF-750 FLOWBENCH
SF-750 FLOWBENCH
SF-1020-SB SUPERBENCH
SF-1020-SB SUPERBENCH