Pentingnya Dynotest Dalam Dunia Pendidikan Dan Otomotif Global

Dynotest memang sangat penting untuk diketahui oleh para pelajar yang berkecimpung di dunia otomotif. Akan tetapi, sebelum kita membahas pentingnya dynotest untuk para pelajar dan mahasiswa (dalam dunia pendidikan). Alangkah baiknya kita mengetahui lebih dulu tentang dynotest secara umum. Dynamometer atau yang lebih dikenal dengan dyno adalah alat untuk mengukur atau mengecek kekuatan mesin, kecepatan rotasi mesin, torsi, maupun tenaga yang dihasilkan mesin itu sendiri. Contohnya, pada suatu pengujian yang dilakukan terhadap mesin untuk mengetahui tenaga dari mesin tersebut secara simultan dari torsi dan kecepatan rotasi mesin per menit (RPM – Revolutions Per Minute) yang dihasilkan oleh mesin.

aplikasi dynamometer

Pengaplikasian Dynamometer Untuk Edukasi

Pengujian oleh dynamometer (dynotest) memiliki 3 jenis pengujian yaitu :

  • Dynotest menggunakan dynamometer mesin (engine dynamometer)

engine dynamometer

Dinamometer mesin atau engine dynamometer adalah alat untuk mengukur kecepatan rotasi mesin (RPM) atau kekuatan dan daya yang dihasilkan oleh mesin dengan tujuan menguji kelayakan mesin tersebut.

  • Pengujian oleh dynamometer rangka (chassis dynamometer)

chassis dynamometer

Chassis dynamometer adalah sebuah alat dynamometer yang praktis dalam melakukan pengujian atau dynotest. Karena dynotest dengan alat ini tidak harus membongkar mesin kendaraan, jadi dengan alat ini mesin bisa diuji dengan keadaan body terpasang dengan kendaraan. Alat ini terdiri dari : chassis, beberapa roller ( roller inersia dan sensor), modul converter, wire, personal komputer (PC) yang terhubung langsung dengan alat ini.

  • Pengujian running dynotest

running dyno

Running dynotest adalah suatu metode dengan meletakkan kendaraan pada chassis dynamometer dan menjalankan mesin layaknya sedang dijalan sesungguhnya dengan memasukkan berbagai kecepatan gear sesuai aturan.

Setelah kita mengetahui tentang dynotest, saya akan memberitahu secara singkat dan padat pentingnya dynotest pada dunia pendidikan. Fungsi dynotest pada dunia pendidikan adalah untuk penelitian mahasiswa tingkat akhir, menyelidiki perilaku mesin untuk mengetahui masalah pada mesin, mempelajari sistem pembakaran dan tribology mesin. Contohnya, jika ingin mengetahui performa mesin pada suatu kendaraan yang sedang diuji kita harus menyelidiki sistem pembakaran dan perilaku dari mesin tersebut untuk mengambil tindakan selanjutnya terhadap mesin yang diuji.

Seperti itulah pentingnya dynotest untuk dunia pendidikan serta dalam dunia otomotif global.

Dynamometer Indonesia adalah perusahaan penyedia dynamometer di Indonesia. Dynamometer yang dapat digunakan untuk membantu anda mengukur dan menganalisa mesin kendaraan, mesin genset, dan masih banyak mesin lainnya yang dapat dianalisa menggunakan alat ini. Jika ada hal yang ingin ditanyakan atau dijelaskan lebih rinci bisa langsung menghubungi kami melalui chatting interaktif pada website atau menghubungi kami melalui email dan nomor telepon yang tertera.




Produk Terkait dengan artikel Pentingnya Dynotest Dalam Dunia Pendidikan Dan Otomotif Global

Axiline 66K Transmission Dyno
Axiline 66K Transmission Dyno
Axiline 97000 Transmission Dyno
Axiline 97000 Transmission Dyno
EDDY CURRENT ENGINE DYNAMOMETERS
EDDY CURRENT ENGINE DYNAMOMETERS
SF-901 WINDYN DATA ACQUISITION SYSTEM
SF-901 WINDYN DATA ACQUISITION SYSTEM