Ternyata! Dynamometer Sangat Membantu Mesin Mendapatkan Oli Yang Tepat

Di era modern ini siapa sih yang ga kenal dengan benda cair yang satu ini? Ya, dia adalah oli yang sering anda ganti setiap bulan untuk melumasi mesin kendaraan anda dengan tujuan meminimalisir kerusakan dari gesekan pada bagian dalam mesin.

Oli atau yang dikenal sebagai minyak pelumas mesin memiliki banyak sekali macamnya. Tergantung dengan jenis mesin itu sendiri, oli yang tepat dengan mesin akan sangat menguntungkan untuk mengawetkan usia pakai mesin.

oli mesin

Sumber : cdn2.tstatic.net

Semua macam oli pada dasarnya adalah sama, yaitu berfungsi untuk melumasi mesin agar berjalan mulus dan bebas dari gangguan yang negatif pada mesin. Sekaligus digunakan untuk menyekat dan sebagai pendingin mesin. Selain itu, oli juga mengandung lapisan halus yang berfungsi untuk mencegah benturan antar logam pada komponen mesin menjadi seminimal mungkin, mencegah goresan atau keausan pada mesin.

Untuk berbagai keperluan mesin tertentu, oli di tuntut memiliki fungsi khusus yang menambah fungsi-fungsi oli tersebut. Seperti mesin diesel misalnya yang biasanya dioperasikan dengan kecepatan rendah tetapi memiliki tingkat suhu yang lebih tinggi dibandingkan mesin bahan bakar bensin. Mesin diesel juga beresiko besar menimbulkan oksidasi oli, penumpukan deposit, logam-logam bearing lebih cepat karat.

Cara memeriksa kondisi oli, pada saat oli pelumas habis akan menyebabkan poros piston pada mesin macet dan tidak bisa bergerak, sehingga mesin perlu dibongkar dan mengganti komponen yang rusak. Jika sudah rusak biaya ekstra pun akan dikeluarkan untuk servis mesin kendaraan anda. Tetapi, selama pelumas mesin atau oli masih dalam keadaan penuh dan komponen mesin anda masih bagus, maka kendaraan akan aman-aman saja dalam jangka waktu tertentu.

Lalu, bagaimana cara menguji efektifitas oli terhadap mesin menggunakan dynamometer?

Caranya adalah dengan menggunakan engine dynamometer untuk membandingkan oli berbeda jenis dengan mesin yang sama. Nanti hasilnya akan menunjukkan seberapa pengaruh oli anda terhadap mesin pada saat mesin dijalankan dengan kecepatan yang normal maupun cepat. Jika, oli tidak cocok dengan mesin anda maka biasanya akan mengalami penurunan performa mesin yang lebih cepat karena gesekan yang terjadi pada mesin lama-lama akan semakin kasar, kalau kondisi itu dibiarkan maka akan berdampak negatif jangka panjang untuk mesin anda dan kemungkinan terburuknya adalah turun mesin.

engine dynamometer

Jadi peran engine dynamometer dalam hal ini adalah memantau performa mesin yang sama dengan oli atau pelumas yang berbeda. Hasilnya akan bisa dilihat langsung selama pengujian itu berlangsung sehingga mengurangi kesalahan fatal misalnya, pengujian selama 5 jam namun kondisi mesin sudah mengalami penurunan drastis dalam 3 jam saja sehingga mesin anda malah mengalami masalah.

Setelah hasil dari pengujian oleh engine dynamometer, hasil uji akan di analisis oleh tim yang menguji seberapa efektif pelumas yang digunakan pada kedua mesin tersebut dan akan menjadi bahan pertimbangan anda.

Biasanya yang melakukan pengujian seperti ini adalah industri-industri oli, kendaraan, serta bengkel besar. Namun, tidak ada salahnya juga jika anda ingin mengetahui langsung apakah selama ini oli yang anda gunakan tepat untuk mesin anda atau malah jadi bumerang mesin anda. Untuk itu, saya menyarankan pengujian ini agar para pengendara tepat memilih oli yang benar-benar berkualitas.

Dynamometer Indonesia adalah perusahaan penyedia dynamometer di Indonesia. Salah satunya adalah menjual engine dynamometer yang ternyata sangat berguna untuk ke efektifan oli untuk mesin kendaraan anda. Jika ada hal yang ingin ditanyakan bisa langsung menghubungi kami melalui chatting interaktif pada website atau menghubungi kami langsung melalui email dan nomor telepon yang tertera.




Produk Terkait dengan artikel Ternyata! Dynamometer Sangat Membantu Mesin Mendapatkan Oli Yang Tepat

EDDY CURRENT ENGINE DYNAMOMETERS
EDDY CURRENT ENGINE DYNAMOMETERS
SF-901 WINDYN DATA ACQUISITION SYSTEM
SF-901 WINDYN DATA ACQUISITION SYSTEM
DTS POWERMARK DATA ACQUISITION UPGRADE
DTS POWERMARK DATA ACQUISITION UPGRADE
DATA ACQUISITION FOR ENGINE DYNAMOMETERS
DATA ACQUISITION FOR ENGINE DYNAMOMETERS