engine dynamometer

Dynamometerindonesia.com Engine dynamometer merupakan alat uji yang digunakan untuk mengetahui kinerja atau peforma dari mesin. merupakan bagian atau jenis dari dynamometer. Dynamometer merupakan alat uji kendaraan yang digunakan untuk mengetahui seberapa besar daya dan torsi yang dihasilkan oleh suatu engine atau kendaraan. Dynamometer memiliki berbagai tipe sesuai dengan penggunaannya serta cara pengetesannya, selain engine dynamometer ada juga chassis dynamometer untuk pengujian kendaraan, transmission dynamometer untuk pengujian transmissi dan lainnya.

Kali ini, kita akan fokus pada pembahasan mengenai engine dynamometer!

Engine Dynamometer

Engine dynamometer merupakan alat uji yang berguna untuk mengetahui seberapa besar daya dan torsi yang dihasilkan oleh engine tanpa diberi beban. Jadi hasil pengujiannya murni merupakan daya dan torsi yang dihasilkan mesin tersebut. alat uji ini dipasang pada flywheel mesin sebagai input untuk mendapatkan hasil pengujiannnya. Putaran dari flywheel yang terhubung dengan alat uji akan diteruskan untuk diproses oleh software dan data akuisisi yang kemudian hasil dari pengujian akan ditampilkan pada display monitor alat uji. Memiliki berbagai macam tipe ada yang diperuntukkan untuk mesin2 kecil atau portable dan ada juga untuk engine engine besar dimana diperlukan pondasi dan sistem yang kompleks dalam pemasangannya. Berikut penjelasannya

Engine dynamometer terbagi atas 2 :

  1. Portable engine dynamometer

Umumnya digunakan untuk pengujian engine yang memiliki ukuran serta spesifikasi yang tidak terlalu besar. Kelebihannya penginstalasiannya lebih mudah, karena tidak perlu pemasangan pondasi untuk engine dan alat ujinya. Sangat cocok digunakan untuk pengujian engine-engine kecil. Sedangkan kelemahannya tidak bisa digunakan untuk pengujian engine yang memiliki ukuran serta spesifikasi yang lebih besar.

 engine dynamometer

  1. Big Engine dynamometer

Digunakan untuk pengujian big machine atau engine engine yang besar. Dimana diperlukan pondasi dalam pemasangan alat uji serta engine yang akan diuji.

engine dynamometer

Baca Juga : chassis dynamometer sebagai alat uji kendaraan

 

Pemilihan engine dynamometer secara tepat

Selain itu, dalam pemilihannya ada beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya :

  1. Jenis Engine yang akan diuji

Ada banyak jenis engine yang ada mulai dari gasoline, diesel, petrol, turbo, electrik motor dan lainnya. Umumnya ada engine dynamometer bisa digunakan untuk berbagai jenis engine, namun ada juga produsen yang membuat engine dynamometer khusus contohnya untuk elektrik motor AC, ada dynamometer yang dibuat khusus untuk pengujiannya. Namun hendaknya dalam membeli alat uji kita menjelaskan kebutuhan secara rinci agar dalam pemilihan alat uji serta aksesories yang perlu ditambahkan dapat dilakukan secara tepat.

  1. Spesifikasi maksimal dan minimal yang akan di uji :

Dalam memilih alat uji secara tepat, salah satunya kita harus mengetahui spesifikasi dari engine engine yang akan diuji. Muai dari spesifikasi minimal dan maksimal dari pengujian tersebut. Hal ini dilakukan karena alat uji tentunya juga memiliki Batasan dalam pengujiannya, alat uji juga memiliki spesifikasi maksimum dan minimum dan kemudian dapat diketahui alat uji mana yang sesuai dengan yang kita butuhkan.

  1. Optional accessories atau aksesories tambahan

Dalam dynamometer ada beberapa beberapa aksesoris atau fitur tambahan yang disediakan jika kita perlukan, hanya berfungsi sebagai opsi jika dibutuhkan, untuk itu kita juga perlu paham apa saja yang kita butuhkan dalam pengujiannya sehingga nantinya kita juga dapat memaksimalkan efisiensi biaya.

  1. Penjual yang paham dan respon cepat.

Karena umumnya alat uji ini kebanyakan diproduksi diluar negeri, maka hendaknya dalam membeli engine dynamometer perlu dicari keagenan lokal yang memiliki komunikasi yang baik serta relasi dengan produsen alat uji yang bagus, karena jika ada masalah yang terjadi pada alat uji baik pada saat penginstalasian maupun saat pengujian, mereka dapat membantu menyelesaikan masalah tersebut secara cepat.

  1. Training

Merupakan hal yang paling penting dalam membeli alat uji ini, saat ini ada juga yang menjual engine dynamometer di situs- situs online (umumnya untuk alat uji yang kecil atau portable) yang dijual dengan harga yang lumayan murah, namun umumnya mereka hanya menjual barang saja, tidak disertai instalasi, commissioning serta trainingnya. Untuk itu, jika belum  expert dalam bidang ini, hendaknya membelinya melalui keagenan yang terpercaya dimana mereka sudah disertai dengan hal- hal seperti pemasangan serta training.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam instalasi engine dynamometer

Dalam pengintalasiannya didalam ruang pengujian, ada beberapa hal yang diperhatikan dalam pengerjaannya, diantaranya :

  1. Sistem- sistem yang diperlukan
  2. Power supply yang tersedia untuk pengujian cukup dan stabil
  3. Sistem ventilasi ruangan
  4. Sistem pemasukan udara pada ruangan
  5. Sexhaust sistem pada ruangan
  6. Ruang control pengujian yang terpisah dari ruang pengujian
  7. Sistem bahan bakar yang sudah tersedia dan terisi dan sudah dapat digunakan
  8. Compressed air system / sistem udara bertekanan
  9. Pemasangan alat uji dalam ruang pengujian
  10. Dynamometer harus terpasang pada lantai pengujian secara kokoh, begitu juga dengan drive shaft guard
  11. Dudukan mesin harus terpasang dengan benar dan dapat terhubung dengan alat uji
  12. Koneksi air ke alat uji yang dibuat tidak terbatas dan tidak menghambat atau membatasi pergerakan alat uji, serta pasokan air ke bak pendingin engine aliran dan tekanannya sesuai dengan persyaratan
  13. Dan masih banyak item – item lainnya yang harus diperhatikan dalam pemasangan alat uji.

Dynamometer Indonesia – Kami sebagai perusahaan yang bergerak pada bidang system dan monitoring system, kami Jual Engine Dynamometer dengan kualitas terbaik dan pastinya dengan harga yang bersahabat, untuk informasi lebih lanjut mengenai alat, anda dapat menghubungi kami melalui:

PT TESTINDO | Dynamometerindonesia.com
Jl.Radin Inten II No 61B Duren Sawit Jakarta Timur
Whatsapp : +62 815-6141-954 (Zulfikri)
Email: sales@testindo.com
Telp: (021) 2956 3045

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *