Chassis Dynamometer adalah sebuah mesin yang digunakan untuk mensimulasikan kondisi kendaraan persis seperti saat kendaraan tersebut berada di jalan raya. Dengan mengukur Torsi, Horsepower dan juga kecepatan konstan pada mesin kendaraan seperti motor, mobil hingga kendaraan-kendaraan besar, Chassis Dynamometer ini mampu mengidentifikasi kerusakan yang terjadi pada mesin dalam kecepatan tertentu. Chassis Dynamometer juga bisa digunakan untuk memperkirakan kondisi kesehatan pada mesin kendaraan yang diujikan, serta efektifitas komponen kendaraan yang sudah dimodifikasi, dengan cara mengukur setiap kenaikan tenaga pada mesin.

Karena pengujian Chassis Dyno memiliki 2 metode pengujian, Anda bisa memilih metode mana yang akan digunakan pada pengujian mesin kendaraan Anda, berikut 2 metode pengujiannya:

On Wheel Dynamometer

Pada pengujian On Wheel Dynamometer ini, kendaraan akan diletakkan diatas chassis dynamometer, roller dynamometer akan diputar dengan menggunakan ban kendaraan, hingga mencapai kecepatan tertentu. On Wheel Dynamometer ini juga dilengkapi dengan perlengkapan keamanan agar kendaraan tidak bergerak saat proses pengujian. Hasil pada pengujian ini juga sudah dicatat seperti tenaga yang dihasilkan oleh mesin, torsi dan juga HorsePower pada kendaraan. Tipe On Wheel Dynamometer ini adalah tipe yang paling populer di Indonesia jika dibandingkan dengan tipe chassis lainnya.

Axle Dynamometer

Axle Chassis Dynamometer adalah metode kedua pada pengujian chassis, di dalam pengujian ini kendaraan yang diujikan harus dilepaskan roda nya terlebih dahulu. Lalu setelah itu as pada kendaraan uji tersebut akan dipasangkan pada alat, yang mana alat ini akan dibagi menjadi 4 bagian jika diujikan pada sebuah mobil. Lalu kendaraan akan dinyalakan dan dijalankan hingga mencapai kecepatan maksimalnya, hasil dari pengujian ini bisa dipantau melalui smartphone atau layar display pada alat, serta hasil pengujian juga bisa langsung di printing setelah pengujian selesai dilakukan.

Keuntungan Memilih mesin chassis dyno dari kami

Kami menawarkan produk Chassis Dynamometer yang mampu melakukan pengujian pada semua jenis kendaraan, seperti sepeda motor, mobil hingga kendaraan besar seperti truk. Serta pengujian yang mampu untuk membaca 1000 data per detik pada setiap channel nya.

Kami bisa membantu Anda untuk:

  • Menguji performa terbaik pada kendaraan Anda
  • menilai efektifitas bahan bakar baru pada kendaraan Anda, serta teknologi pada kendaraan
  • Memahami kinerja pada kendaraan yang menggunakan mesin hybrid (menggunakan 2 teknologi mesin)
  • Menguji performa kendaraan sport 
  • Menganalisa data pengujian Anda dengan menggunakan data analisis serta dengan bantuan service engineering

Kami mensuplai Chassis Dynotest yang dapat menguji kendaraan, seperti:

  • kendaraan penumpang pada kelas ringan dan juga menengah
  • Bus dan truk 4 hingga 6 WD
  • Sepeda motor standar hingga kelas sport
  • Mobil 2 hingga 4 WD termasuk mobil sport

Pengalaman Project kami

  • Pengadaan Chassis Dynamometer motor di Universitas Negeri Malang
  • Pengadaan Chassis Dynamometer di Institut Teknologi Sepuluh November

PRODUCTS CHASSIS DYNAMOMETER