mengukur performa engine dengan engine dynamometer

Dynamometerindonesia.com – Berbicara tentang menguji engine kendaraan, tidak bisa dilepaskan dari engine dynamometer, karena dengan engine dynamometer dapat diukur nilai torsi dan housepower dari suatu engine.  Hasil pengukuran torsi dan house power pada engine sangat berpengaruh pada performa mesin, dan jika engine kendaraan memiliki performa yang baik, maka kendaraan tersebut akan berfungsi dengan baik.

Pada pengukuran dengan engine dynamometer, hasil Horsepower (HP) yang ada pada mesin akan lebih besar sekitar 20-30% jika dibandingkan dengan hasil yang didapat pada roda (on-wheel). Ada beberapa faktor yang menyebabkan hal ini:

  • Faktor mesin yang tersambung ke transmisi, ketika pelat kopling pada transmisi tidak bekerja dengan sempurna dengan cara mencengkram, maka menyebabkan pelat kopling selip, yang berakibat nilai test dyno menjadi menurun.
  • Faktor transmisi, wheel axle, transfer-case dan berbagai perangkat lainya yang bergesekan akan mengurangi nilai horsepower.
  • Faktor Torque Converter, juga berpengaruh apalagi pada kendaraan dengan transmisi automatis, yang mengakibatkan akan mengurangi nilai horsepower.
  • Selain itu kombinasi gigi didalam transmisi, kombinasi gigi pada final driver axle dan kombinasi gigi didalam transfer-case, serta diameter lingkaran ban akan memberikan faktor perkalian yang akan membuat turun nilai horsepower.
mengukur performa engine
Engine Dynamometer SUPERFLOW

Berbeda dengan horsepower, Torsi pada engine akan lebih besar dibanding hasil yang didapat pada roda (on-wheel), hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya:

  • Kombinasi gigi di dalam transmissi, kombinasi gigi di dalam transfer-case, serta kombinasi gigi pada final driver axle serta diameter lingkaran ban akan memberikan faktor perkalian yang akan meningkatkan nilai torsi
  • Faktor Torque Converter pada kendaraan dengan transmisi otomatis, akan meningkatkan nilai torsi

Para tuner, modifikator dan pembalap sangat menggemari pengukuran nilai torsi dan horsepower di roda (on-wheel), karena terkait dengan hasil yang langsung berhubungan dengan permukaan lintasan balap dan dapat mensimulasikan keadaan sebenarnya saat mengendarai kendaraan tersebut.

Untuk mendapatkan engine dynamometer yang baik dan berkualitas anda memerlukan partner yang berpengalaman dalam mensupply engine dynamometer dan Dynamometerindonesia.com adalah solusi terpercaya untuk anda yang ingin memiliki engine dynamometer, karena kami adalah distributor dari SUPERFLOW brand dari Amerika yang menjual produk dynamometer. Informasi lebih lanjut tentang produk dynamometer dapat menghubungi kami di: +62 813-9929-1909 (Zulfikri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *