chassis dynamometer

Dynamometerindonesia.comChassis Dynamometer – Setelah penantian yang cukup lama, akhirnya suzuki berhasil menghancurkan dominasi yamaha dan honda dikancah MotoGp selama beberapa tahun terakhir. Terakhir tahun 2007 saat stoner membawa ducati menjuarai MotoGP, selanjutnya sampai tahun 2019 kemaren juara MotoGp hanya didominasi oleh honda dan yamaha. Namun ditahun 2020, suzuki membuat kejutan dengan menjadi champion MotoGp yang dinakhodai oleh pebalap asal spanyol Joan Mir. Walaupun pada balapan terakhir joan mir hanya finish diurutan ke 7, dia tetap menjadi juara dunia dengan konsistensinya selama perhelatan MotoGp.

Selain rider yang konsisten, tentunya harus didukung oleh motor yang bagus, mengendarai suzuki GSX-RR yang tahun demi tahun terus melakukan perkembangan agar dapat bersaing dengan pabrikan motor lainnya. seperti apasih spesifikasi mesin dari suzuki GSX-RR yang ditunggangi oleh Joan Mir tersebut? dan apa hubungannya dengan chassis dynamometer, berikut penjelasannya!

Suzuki GSX-RR mengusung mesin dengan kapasitas 1000cc 4 silinder inline, DOHC 16 valve dengan sistem pendingin radiator. Dengan didukung gearbox 6 dengan percepatan seamless dan daya maksimal yang dihasilkan mencapai 176 Kw / 236 HP dengan kecepatan maksimum hingga 340 km/jam.

Baca Juga : Chassis Dynamometer Sebagai Alat Uji Kendaraan

Selain itu, suzuki GSX-RR juga menggunakan chassis alluminium twin spar, total berat motornya mencapai 157 kg. suspensi depan dan belakang sudah menggunakan ohlins, sementara dibagian pengereman juga sudah menggunakan kaliper brembo dengan piringan yang sudah berbahan karbon. Lanjut dibagian dimensinya memiliki panjang 2096 mm, lebar 720 mm, dan tinggi 1140 mm serta wheel base 1457 mm. motor ini juga sudah menggunakan perangkat lunak magneti marelli.

Dari spesifikasi diatas, dapat dilihat dari kendaraan suzuki sudah mampu bersaing dengan kompetitornya, serta juga memperhatikan keluhan dan saran dari pebalapnya agar peforma motor dapat optimal sehingga Joan Mir dapat secara konsisten berada dalam jalur kemenangan pada balapan MotoGp. Karena didalam balapan atau pertandingan apapun yang menggunakan sistem point, konsistensi adalah kunci utama dalam meraih kemenangan. Jadi memang berdasarkan pengamatan selama perhelatan MotoGp, Joan Mir telah menunjukkan bahwa dia layak menjadi juara.

Disamping itu perlu diketahui bahwa setiap mesin kendaraan yang dibuat atau dirakit, sebelum digunakan pada balapan harus dilakukan pengujian menggunakan chassis dynamometer. Hal ini digunakan untuk mengetahui apakah motor tersebut sudah sesuai dengan yang diharapkan atau tidak, karena dengan pengujian menggunakan chassis dynamometer dapat diketahui berapa daya dan torsi maksimal yang dihasilkan oleh motor tersebut.

Dynamometer Indonesia – Kami sebagai perusahaan yang bergerak pada bidang system dan monitoring system, kami Jual Chassis Dynamometer dengan kualitas terbaik dan pastinya dengan harga yang bersahabat, untuk informasi lebih lanjut mengenai alat, anda dapat menghubungi kami melalui:

chassis dynamometer

PT TESTINDO | Dynamometerindonesia.com
Jl.Radin Inten II No 61B Duren Sawit Jakarta Timur
Whatsapp : +62 815-6141-954 (Zulfikri)
Email: sales@testindo.com
Telp: (021) 2956 3045

One Thought on “Juara MotoGp, Suzuki Hancurkan Dominasi Honda Dan Yamaha”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *