Dynamometerindonesia.com– Baru baru ini, di sosial media lagi viral pengendara mobil yang menabrak pengendara motor sport yang belakangan diketahui CBR 1000RR SP yang mengakibatkan pengendara motor tersebut mengalami patah tulang. Berdasarkan informasi yang didapat, pengendara mobil ayla kesal karena dirinya merasa digeber oleh pengendara CBR, sedangkan pengendara motor merasa dia tidak menggeber motornya, dalam artian itu merupakan suara standar motornya. Kasus ini semakin viral karena agar kasus tidak dilanjutkan ke jalur hukum, keluarga pelaku sampai menawarkan mobil dan rumah untuk sebagai ganti rugi. Emang berapa sih harga CBR1000RR SP? Harganya cukup fantastis yaitu sekitar 600 juta, jika dibandingkan dengan harga mobil daihatsu ayla yang varian tertingginya seharga 150 jutaan. Jadi harga 1 motor CBR1000RR dapat membeli 4-5 unit mobil daihatsu ayla. Apasih yang menyebabkan CBR1000RR SP memiliki harga yang fantastis? Berikut penjelasannya!

CBR1000RR SP merupakan motor sport yang dikeluarkan oleh pabrikan honda. Menggunakan mesin liquid cooled, 4 stroke, 16 valve, DOHC inline 4 Cylinder dengan kapasitas 999,8 cc dengan transmisi 6 speed. sistem bahan bakarnya sudah menggunakan PGM-DSFI ( Programmed Dual Stage Fuel Injection). Daya maksimal yang dihasilkan yaitu sebesar 152 HP pad 12.250 Rpm dan torsi maksimal 114 Nm pada 10.500 Rpm. Kecepatan maksimal yang dihasilkan motor ini bisa mencapai 299 Km/ jam dalam kondisi standar. Dilengkapi dengan berbagai aksesories serta fitur-fitur mewah seperti pengereman depan sudah menggunakan brembo double disc dengan sistem ABS, suspensi depan dan belakang menggunakan merk ohlins yang sudah teruji kualitasnya serta rangka alluminium composite twin-spar.

CBR1000RR SP sudah dilengkapi dengan keamanan kunci kontak yang terhubung sistem elektronik HISS (Honda Ignition Security System), lampu sudah menggunakan LED dan masih banyak yang lainnya. jadi harga motor yang lumayan mahal sebanding dengan spesifikasi dan fitur-fitur yang sudah terjamin kualitasnya.

Baca Juga : Chassis Dynamometer Sebagai Alat Uji Kendaraan

Informasi daya dan torsi yang dihasilkan oleh motor CBR1000RR SP ataupun motor lainnya dapat diketahui dengan melakukan pengujian dengan menggunakan chassis dynamometer yang khusus untuk pengujian kendaraan roda dua. Dengan pengujian, kita dapat mengetahui informasi lainnya seperti perbandingan bahan bakar dan udara serta emisi gas buang kendaraan tersebut. dari hasil penguijan, dapat diketahui apakah motor tersebut sudah layak untuk didistribusikan. Pengujian dengan menggunakan chassis dynamometer akan mendapatkan hasil akurasi yang tepat atau sesuai saat kendaaraan melaju dijalanan, Kenapa? Karena pengujian kendaraan dengan chassis dynamometer dilakukan dengan roda belakang kendaraan berada diatas roller dynamometer yang akan diputar oleh roda kendaraan.

Jadi roller dynamometer diibaratkan dengan jalanan, lalu motor melaju diatas roller sampai Rpm maksimal atau limit kendaraan tersebut. jika dijalanan informasi yang didapatkan dari display speedometer kendaraan hanya berupa speed kendaraan, konsumsi bahan bakar serta jarak tempuh, pada pengujian akan diperoleh informasi lebih detail dari mesin kendaraan tersebut. chassis dynamometer banyak digunakan pada workshop pengujian kendaraan dan produsen kendaraan. Jadi setiap motor yang akan dirilis terlebih dahulu dilakukan pengujian chassis dynamometer untuk mengetahui spesifikasi detailnya apakah sudah sesuai atau belum, jika sudah sesuai maka akan dilakukan test ride untuk menguji ketahanan sebelum diproduksi lebih banyak untuk didistribusikan.

Dynamometer Indonesia – Kami sebagai perusahaan yang bergerak pada bidang system dan monitoring system, kami Jual Chassis Dynamometer dengan kualitas terbaik dan pastinya dengan harga yang bersahabat, untuk informasi lebih lanjut mengenai alat, anda dapat menghubungi kami melalui:

PT TESTINDO | Dynamometerindonesia.com
Jl.Radin Inten II No 61B Duren Sawit Jakarta Timur
Whatsapp : +62 815-6141-954 (Zulfikri)
Email: sales@testindo.com
Telp: (021) 2956 3045

One Thought on “Inilah Kelebihan Dan Fitur Yang Dimiliki CBR1000RR SP”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *