chassis dynamometer

Dynamometerindonesia.com– Dalam melakukan pengujian untuk engine, transmisi ataupun kendaraan, owner dari workshop tentunya butuh alat ujinya yaitu dynamometer. Dengan menggunakan dynamometer kita dapat mengetahui keadaan mesin atau kondisi mesin apakah sama, lebih rendah atau lebih baik dari spesifikasi pabrikannya. Dynamometer terdiri dari berbagai macam jenis seperti engine dynamometer untuk pengujian engine saja, transmisi dynamometer untuk pengujian transmisi, chassis dynamometer untuk pengujian kendaran dengan kondisi kendaraan terpasang seluruh komponen chassis, body dan yang lainnya. jadi dalam membeli alat uji, kita harus melakukan pemilihan dynamometer yang tepat. jenis jenis dari dynamometer tersebut memiliki berbagai macam tipe.

Pada kali ini kita akan membahas mengenai chassis dynamometer, saat ini terdapat berbagai macam tipe kendaraan dari brand yang berbeda yang tentunya memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Untuk itu, dalam membeli chassis dynamometer untuk pengujian kendaraan, kita harus memperhatikan beberapa hal diantaranya :

  1. Jenis kendaraan yang akan diuji

Jenis kendaraan yang dimaksud disini yaitu motor atau mobil, terdapat model alat uji  yang digunakan untuk kendaraan roda dua dan untuk roda empat.

chassis dynamometer, dynamometer

  1. Model chassis dynamometer

Baca Juga : Chassis Dynamometer Sebagai Alat Uji Kendaraan

Chassis dynamometer memiliki 2 tipe yaitu :

a. Axle Dynamometer

Cara kerja dari chassis dynamometer tipe ini yaitu semua roda kendaraan dilepas, kemudian masing-masing axle atau as roda dipasangkan ke alat uji sebagai input dari pengujian daya dan torsi yang dihasilkan.

dynamometer, chassis dynamometer

b. On wheel dynamometer

Cara kerjanya yaitu masing- masing roda penggerak diletakkan diatas roller dynamometer atau ban bertumpu diatas roller tersebut yang kemudian putaran roda akan membuat roller berputar yang kemudian putaran roller tersebut akan menghasilkan output dan kemudian diproses oleh software sehingga menghasilkan keluaran data.

chassis dynamometer, dynamometer

Baca Juga : Kesalahan Yang Sering Terjadi Pada Saat Pengujian Chassis Dynamometer

  1. Tipe penggerak kendaraan

Pemilihan alat uji dari tipe penggerak kendaraan digunakan untuk kendaraan roda empat. Kendaraan roda empat memiliki berbagai tipe, ada kendaraan dengan 2 roda penggerak,yang terdiri atas penggerak roda depan(FWD) dan penggerak roda belakang(RWD), dan ada kendaraan dengan 4 roda penggerak 4WD) atau penggerak roda depan belakang(AWD).

  1. Spesifikasi kendaraan

Karena spesifikasi kendaraan yang berbeda- beda, maka perlu spesifikasi kendaraan pengujian yang detail seperti daya dan torsi maksimal dari kendaraan yang akan diuji, wheel base kendaraan serta dimensi dari kendaraan tersebut.

Dynamometer Indonesia – Kami sebagai perusahaan yang bergerak pada bidang system dan monitoring system, kami Jual Chassis Dynamometer dengan kualitas terbaik dan pastinya dengan harga yang bersahabat, untuk informasi lebih lanjut mengenai alat, anda dapat menghubungi kami melalui:

PT TESTINDO | Dynamometerindonesia.com
Jl.Radin Inten II No 61B Duren Sawit Jakarta Timur
Whatsapp : +62 815-6141-954 (Zulfikri)
Email: sales@testindo.com
Telp: (021) 2956 3045

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *